Posted in kesehatan

Marah Bisa Menimbulkan Berbagai Gangguan Kesehatan

Marah-marah adalah salah satu sifat negatif yang harus diberantas karena marah bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

Selamat datang kembali di situs resmi Alfian Herbal yang merupakan agen resmi Green World, pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang sudah tersebar ke seluruh wilayah Indonesia dan telah dipasarkan di 20 negara.

Pada halaman ini kami akan memposting artikel yang sangat penting dan menarik mengenai salah satu kondisi yang biasa dialami oleh manusia yaitu mengenai Marah. Judul artikel yang kami ambil adalah ‘marah bisa menimbulkan gangguan kesehatan‘. Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Marah Bisa Menimbulkan Berbagai Gangguan Kesehatan

post_3793_2015_09_22_8-masalah-kesehatan-akibat-anda-sering-marah

Setiap orang pasti pernah marah. Hal ini wajar karena marah merupakan suatu respon terhadap kondisi ketidaknyamanan yang terjadi. Namun sering marah bisa menjadi kebiasaan buruk. Berbagai dampak negatif pun bisa terjadi akibat sering marah-marah. Munculnya berbagai gangguan kesehatan maupun kehilangan teman serta orang yang Anda sayangi merupakan salah satu contoh dampak negatif akibat sering marah-marah.

Sering marah-marah merupakan sebuah kebiasaan. Marah yang awalnya terjadi karena kondisi ketidaknyamanan, jika dibiasakan akan menjadi suatu kebiasaan. Hal ini mengakibatkan hal sekecil apapun yang sebenarnya tidak berpotensi menjadi penyebab kemarahan, bisa berubah menjadi penyebab kemarahan besar. Orang yang sering marah-marah memiliki sensitifitas yang tinggi terhadap perubahan kondisi disekitarnya. Perubahan kondisi yang membuatnya tidak nyaman akan meningkatkan emosinya hingga memunculkan kemarahan.
Namun, jika Anda menemukan orang terdekat marah secara berlebihan, selidiki dulu apakah ia dalam pengaruh pengobatan atau menderita suatu penyakit.

Penyebab Seseorang Marah-Marah

phrvjenakfDr. Helen Stokes Lampard dari Royal College of General Practitioners mengatakan, ada sejumlah kondisi medis dan obat-obatan yang dapat menyulut kemarahan seseorang.  Berikut adalah 8 hal yang sering dilaporkan terkait tingkat kemarahan di antara pasien :

1. Hipertiroidisme

Hipertiroidisme terjadi karena kelenjar tiroid memproduksi hormon tiroid terlalu banyak. Kondisi ini biasanya banyak dialami para wanita. Menurut Dr. Neil Gittoes, seorang ahli endokrinologi di University Hospitals Birmingham and BMI the Priory Hospital, Birmingham, hormon tiroid mempengaruhi sistem metabolisme Anda. Hal ini akan meningkatkan kegelisahan, gugup, serta sulit berkonsentrasi. Ketika tiroid terlalu aktif, ini dapat menjadi alasan mengapa Anda mudah berteriak kepada anak-anak Anda, suami, atau orang lain.

2. Obat Kolesterol

Statin yang diresepkan sebagai obat Kolesterol tinggi menimbulkan efek samping yang menyebabkan seseorang mudah kehilangan kesabaran. Dalam sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari Universitas California, statin akan membuat serotonin lebih rendah, yang menyebabkan peningkatan depresi dan kematian.

3. diabetes

Seorang penderita diabetes yang kekurangan gula darah akan meningkat kemarahannya. Ketidakseimbangan kadar gula pada tubuh dapat menyebabkan ketidakseimbangan serotonin dalam otak. Akibatnya, sesorang menjadi lebih agresif, kebingungan, marah berlebihan dan bahkan serangan panik.

4. Depresi

Menurut Paulus Blenkiron, seorang psikiater di Bootham Park Hospital, York, akibat depresi seseorang dapat merasa sangat marah, gelisah serta menyebabkan perasaan tidak berharga, malu atau merasa bersalah.

5. Autisme

Gangguan perkembangan ini bisa mempengaruhi pertumbuhan otak secara normal serta ketrampilan sosial dan komunikasi. Banyak hal yang menstimulasi sensorik dapat meningkatkan kemarahan penderita autisme.

6. Alzheimer

Penyakit ini merupakan bentuk demesia atau kepikunan yang mempengaruhi fungsi otak termasuk perilaku emosional dan kepribadian seseorang. Hal ini dapat menyebabkan ledakan kemarahan.

7. Obat tidur

Obat-obat tidur seperti Benzodiazepin bekerja dengan memperlambat berbagai fungsi otak. Dengan pengurangan beberapa fungsi, obat tidur ini bisa menambah kemarahan seseorang.

8. Sindrom pra menstruasi

Sindrom pra menstruasi (PMS) pada wanita terjadi karena tidak seimbangnya hormon seperti estrogen dan progesteron. Wanita menjadi lebih mudah marah tanpa alasan yang jelas. Menurut American College of Obstetrics and Gynecology, mood wanita bisa berubah selama dua minggu terakhir siklus menstruasi atau dua minggu sebelum menstruasi.

Gangguan Kesehatan Akibat Marah-Marah

images

  • Sakit Kepala

Sakit kepala menjadi gangguan yang sering dialami orang setelah marah-marah. Hal ini disebabkan adanya  perubahan fisiologis yang terjadi di dalam tubuh karena orang yang marah cenderung   memberikan tekanan pada rahang yang membuat otot di wajah dan kepala tegang, sehingga memicu sakit kepala. Biasanya ada dua jenis sakit kepala yang dialami karena keseringan marah yakni tension headache dan migrain.

Sayangnya tidak ada cara khusus untuk mencegah sakit kepala setelah marah. Cara satu-satunya adalah tenang untuk tidak marah dengan meluap-luap dan belajar mengendalikan diri.

  • Serangan Jantung

Penelitian membuktikan bahwa luapan emosi berlebihan bisa membahayakan jiwa.  Semakin besar kemarahan maka  risiko tersebut semakin tinggi  Ketika emosi tak terkendali, tubuh melepaskan respon kimia epinefrin dan norepinefrin. Kedua hormon tersebut dapat meningkatkan tekanan darah, denyut nadi, penyempitan pembuluh darah, membuat trombosit darah mengental. Kondisi ini yang meningkatkan risiko jantung.

  • Depresi

Ketika pikiran stress yang ditimbulkan oleh kemarahan, maka depresi pun mudah datang. Saat depresi datang, tubuh menjadi rentan terkena berbagai penyakit.

  • Tekanan Darah Tinggi

Mudah marah mengindikasikan bahwa anda tengah mengalami tekanan darah tinggi. Penderita biasanya lebih cenderung mengalami penurunan kemampuan dalam mengenali rasa marah, takut, sedih, dan ekspresi wajah. Jika sedang marah-marah, ini menjadi pertanda bahwa kondisi tubuh anda sedang tidak baik. Sehingga diharapkan bisa menenagkan diri agar tekanan darah kembali normal.

  • Rasa Gelisah

Secara psikologis marah dapat menumbuhkan perasaan gelisah karena ada hubungan yang buruk dengan sesuatu yang anda marahi. Kegelisahan ini dalam jangka waktu panjang bisa menimbulkan depresi  berat. Hal inilah yang kemudian memicu penyakit lainnya.

  • Sakit Perut

Ternyata marah juga bisa menyebabkan ganggun pencernaan seperti sakit perut. Saat sedang marah, kadar asam lambung menjadi meningkat. Hal inilah yang kemudian menjadi penyebab berbagai sakit dibagian perut seperti refluks asam, maag, atau sembelit.

index

  • Insomnia

Siapa bilang meluapkan emosi kemarahan bisa tidur nyenyak. Kondisi ini justru sering membuat insomnia jika dilakukan terlalu sering dan dengan ekspresi yang berlebihan. Saat marah, hormon akan bergejolak di dalam tubuh yang membuat tubuh tidak bisa beristirahat. Akibatnya menyebabkan gangguan tidur sehingga tubuh menjadi sasaran empuk bagi banyak penyakit.

Agar terhindar dari berbagai dampak negatif akibat sering marah-marah, sudah saatnya Anda mengontrol emosi Anda agar tidak mudah marah-marah karena marah bisa menimbulakan berbagai ganguan kesehatan. Sekian dan Semoga Bermanfaat. .

Terus kunjungi situs https://carapemesananmultivitaminadulttablet.wordpress.com untuk update informasi menarik lainnya seputar kesehatan.

Baca Juga : Jenis olahraga ringan untuk pemakai high heels

MARAH BISA MENIMBULKAN BERBAGAI GANGGUAN KESEHATAN

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s